Kamis, 15 Januari 2015

Penyebab Keramik Lepas

faktor yang menyebabkan keramik terangkat atau terlepas antara lain penyusutan adukan semen-pasir, jarak antar keramik, perubahan suhu, pergerakan bangunan akibat gempa, perubahan struktur bangunan dan pengaruh getaran-getaran halus.


Penyusutan adukan semen-pasir
secara konvensional keramik dipasang dengan menggunakan adukan semen dan pasir. sebelum dipasang, keramik direndam dalam air terlebih dahulu agar pada saat pemasangan kondisi keramik basah/kedap air sehingga adukan semen-pasir juga terkandung unsur air. selain itu, dalam kondisi basah keramik bagian atas lebih panas daripada bagian bawah sehingga terjadi penguapan air di bagian bawah keramik, akibat penguapan tersebut maka terjadi penyusutan pada campuran adukan sehingga timbul tegangan permukaan pada keramik yang menyebabkan keramik terlepas.

Jarak Antar Keramik
Jarak antar keramik juga bisa menyebabkan keramik terlepas yang disebabkan karena pemuaian.

Perubahan Suhu
Jelas, perubahan suhu akan menjadi faktor terlepasnya keramik baik pada dinding atau lantai. hal ini terjadi karena sifat campuran adukan semen dan pasir sebagai perekat pemasangan keramik yang kaku atau tidak fleksibel

Pergerakan Bangunan akibat Gempa
dengan adanya gempa kadang di daerah tertentu bisa jadi faktor penyebab terlepasnya keramik lantai, karena adanya penurunan tanah.

Perubahan Struktur Bangunan
dengan perubahan struktur bangunan karena keretakan pada beton, penurunan pada pondasi dan penurunan pada struktur/defleksi.
Pengaruh getaran-getaran halus
selain faktor-faktor tadi getaran-getaran halus seperti akibat ada pergerakan kaki, getaran dari kendaraan sekitar bangunan bisa jadi penyebab terlepasnya keramik.

Itulah penyebab keramik lantai kita lepas, bagaimana cara memperbaikinya? baca juga Cara Meperbaiki Keramik Lepas

0 komentar

Posting Komentar

=> Anda Telah Membaca Artikel pada Blog Rumah Idaman sembilan
=> Komentar akan di Moderasi melalui email Admin dengan tanggap
=> Mohon untuk tidak menulis link di komentar, atau melalui menu kontak